Posted by : Unknown Wednesday, May 8, 2013


Liburan memang menjadi salah satu cara untuk melepaskan penat dari rutinitas. Sayangnya, biaya perjalanan dan akomodasi sering menjadi kendala untuk memulai rencana liburan [apalagi buat yg masih kuliah seperti saya]. Sebenarnya tidaklah sulit untuk merencanakan perjalanan sendiri. Dengan perencanaan yang matang kita sebenarnya tidak perlu pusing dengan budget. Simak beberapa tips hemat untuk berlibur berikut ini.

1. First thing first: Saving!
Kemana pun tujuan liburan dan kapan pun perginya, menabung adalah hal pertama dan utama yang harus kita lakukan. Cobalah membuat tabungan khusus untuk hal yang satu ini, sisihkan misalnya 10% sebulan dari pendapatan. Setelah itu, jika kita sudah tahu akan pergi kemana untuk liburan, kita tidak perlu keluar uang lagi untuk membeli tiket dan akomodasi lainnya karena sudah punya budget sendiri. Disiplin menjadi kunci untuk tips pertama ini, jangan sampai lupa menabung ya!
2. Riset, riset dan riset
Riset tentunya menjadi hal penting sebelum merencanakan liburan. Jangan ragu untuk bertanya kepada teman-teman kita yang sudah sering traveling ke berbagai tempat. Kita  juga dapat mencari informasi via situs perjalanan, seperti travel blog. Dengan begitu kita bisa mendapat gambaran berapa biaya yang harus dipersiapkan. Selanjutnya, hitung estimasi biaya perjalanan ke tujuab liburan secara lengkap. 
3. Book in advance
Menurut riset yang dilakukan oleh US Travel and Tourism Industry, 24% memilih book in advance alias memesan dari jauh-jauh hari sebagai cara agar untuk hemat saat traveling. Biasanya, harga tiket, kamar hotel dan bahkan paket tur lebih murah jika dibeli lebih awal daripada dekat-dekat hari. Keuntungan lainnya kita tidak akan kehabisan tiket atau kehabisan tempat untuk menginap.
4. Cari promo
Saat ini, sudah banyak maskapai penerbangan hingga travel agent yang sering memberikan promo liburan dengan harga yang murah. Mulai dari kursi gratis, paket keluarga, hingga harga 1 harga untuk 2 orang. Maka rajin-rajinlah membuka situs-situs penerbangan, follow twitter traveler  cek langsung saja situs yang dikhususkan untuk memberikan info paket perjalanan murah. 
5. Nyaman dan murah
Lupakan menginap di hotel berbintang ketika ingin liburan dengan cara hemat. Pilihlah tempat menginap ala backpacker, seperti di hostel, rumah penduduk lokal hingga tidur diatas bis dan kereta. Pilihlah tempat tinggal murah dan nyaman. Selain bersahabat untuk kantong, Anda juga dapat mendapatkan info langsung seputar tempat liburan Anda lewat penduduk lokal. Selain harga, kenyamanan adalah hal utama. Jadi, sebelum menyewa, lihat dulu testimoni atau review dari orang lain.  Tidak perlu menyewa kamar yang mewah kok, saat liburan pun kita tidak akan banyak di dalam kamar, bukan?
6. Last thing on travelling list: shopping!
Sulit dipungkiri belanja memang menjadi salah satu daftar yang harus dilakukan ketika pergi liburan ke sebuah tempat. Selain membeli oleh-oleh untuk kerabat dirumah, memiliki cinderamata khas setempat sebagai kenang-kenangan menjadi alasan utama. Namun, yang sering terjadi adalah berbelanja di hari-hari awal liburan. Hasilnya, belum sampai di hari terakhir, harus makin berhemat agar bisa survive sebelum pulang. Kegiatan belanja seharusnya dilakukan pada list terakhir. Tujuannya untuk mengehemat uang jajan, dan kita pun tidak akan terbebani dengan barang bawaan yang terlalu banyak saat harus pindah-pindah tempat menginap.

So, are you ready to pack your bag and get lost?

source

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Lets Travel -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -