Posted by : elmi mahlida Sunday, May 12, 2013


Sebelum membahas awal mula adanya topeng Anonymous, sebaiknya di awali dari tokoh yang bernama Guy Fawkes.

Topeng Guy Fawkes

Guy Fawkes adalah karakter yang facenya dijadikan topeng identik kelompok hacker cyber crime terbesar di dunia ‘’Anonymous’’. Guy Fawkes adalah pelaku peledakan bom di Gedung Parlemen Inggris. Dia bersama anggotanya melakukan aksi tersebut karena ingin membunuh Raja James 1 yang saat itu berkuasa dengan system yang sangat otoriter. Namun aksi Guy Fawkes dan teman-temannya berhasil di gagalkan oleh pihak keamanan kerajaan. Peristiwa pengeboman sekaligus penangkapan Guy Fawkes dan anggotanya terjadi pada 5 November 1605. Namun anehnya, penangkapan hanya di tunjukan pada Guy Fawkes. Peristiwa pengeboman besar itu di kenal dengan sebutan ‘’Peristiwa Bubuk Mesiu’’ atau ‘’ Gun Powder Plot’’. Untuk mengenang peristiwa tersebut masyarakat inggris menggelar perayaan kembang api setiap tanggal 5 November.

V For Vendetta

V For Vendetta sebenarnya tidak ada sama sekali Hubungan antara Guy Fawkes dengan Anonymous. Guy Fawkes bukan anggota dari Anonymous, banyak sumber mengatakan  alasan yang paling mendukung mengapa Anonymous menggunakan topeng Guy Fawkes adalah terinspirasi dari film yang berjudul ‘’V for Vendetta’’. Film ‘’V for Vendetta’’ menceritakan tentang seorang yang yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah Inggirs yang telah membuat masyarakat tidak berdaya. Dalam film ini, tokoh V mengenakan Topeng yang di ambil dari facenya Guy Fawkes, mungkin karena Guy Fawkes yang juga merupakan tokoh yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah inggirs, sehingga tokoh V disamakan dengan Guy Fawkes.

Karena Missi dan tujuan Tokoh V dan Guy Fawkes yang sama dengan tujuan Anonymous, yaitu sama-sama menentang sistem pemerintahan yang mengekang kebebasan, maka Anonymous menggunakan Topeng Guy Fawkes sebagai ciri khas mereka. Itulah alasan mengapa Anonymous memakai topeng Guy Fawkes.

We are everyone and we are no one – Anonymous

Ci vediamo!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

There was an error in this gadget

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Lets Travel -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -